KELAS : IV (EMPAT)
TEMA : 5 PAHLAWANKU
SUB TEMA : 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN
PEMBELAJARAN : 3
Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran Matematika Materi Pembulatan Bilangan
3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
terdekat.
4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan
hasil
pengukuran panjang dan berat
ke
satuan
terdekat.
Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Cahaya
3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
4.6 Menyajikan laporan hasil
percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang
dan
berat ke satuan terdekat, menyajikan laporan hasil
percobaan percobaan tentang
sifat-sifat cahaya
dengan mandiri
dan
tanggung jawab.
----------------------------------------------------------------------------------------
Anak-anak sudah siap
belajar hari ini?
Mari
kita awali dengan
membaca doa terlebih
dahulu semoga kita selalu
sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda
untuk mendampingi
Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa
ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah
mendapatkan bantuan! Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah!
Pantang menyerah merupakan sikap yang perlu
diteladani dari seorang pahlawan. Kamu
juga dapat menerapkan sikap tersebut
dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu
sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya.
Ananda, cahaya putih yang kita lihat
sebenarnya terdiri dari tujuh warna.
Untuk membuktikannya
kita bisa melakukan percobaan dengan
membuat cakram warna. Perhatikan cara membuatnya pada
video berikut ini!
Videokan kegiatanmu saat
mempraktikkan penggunaan cakram warna tersebut!
Selanjutnya
tuliskan laporan
hasil percobaanmu
pada tabel seperti
berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah
mencoba melakukan pembulatan bilangan cacah. Kita
juga dapat melakukan pembulatan pada pecahan
desimal. Bagaimana cara melakukan pembulatan pada pecahan desimal?
Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita simak tayangan berikut ini!
Bagaimana Anak-anak? Mudah bukan? Apabila kamu
mengalami kesulitan dalam memahaminya,
kamu dapat bertanya kepada
bapak/ibu guru
atau ayah/bunda
di rumah!
Selanjutnya, sebagai latihan kerjakanlah kuis di bawah ini!
Bagaimana hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat!
Apabila kamu belum mencapai skor yang tinggi,
jangan
berkecil hati.
Pelajari kembali
materi-materinya dan terus berlatih!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
# LawanCOVID-19 #BelajarDiRumah
No comments:
Post a Comment