Thursday, November 12, 2020

KELAS 4 : AYO BELAJAR DARI RUMAH JUMAT 13 NOPEMBER 2020

 

KELAS : IV (EMPAT)
TEMA : 5 PAHLAWANKU
SUB TEMA : 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN
PEMBELAJARAN : 3

Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran Matematika  Materi Pembulatan Bilangan
3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
4.Menyelesaikan  masalah  pembulatan  hasil  pengukurapanjang dan berat  ke  satuan terdekat.
Mata Pelajaran IPA  Materi Sifat-sifat Cahaya
3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat, menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya dengan mandiri dan tanggung jawab.
----------------------------------------------------------------------------------------
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunduntuk mendampingi Ananda  selammelakukan kegiatan pembelajaran ya!  Jangan lupucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah!
Pantang menyerah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya.
Ananda, cahaya putih yang kita lihat sebenarnya terdiri dari tujuwarna. Untuk  membuktikannya kita bisa melakukan percobaan dengan membuat cakram warna. Perhatikan cara membuatnya pada video berikut ini!

Potong kertas membentuk lingkaran, warnai kertas sesuai dengan tujuh warna pelangi. Putarlah kertas tersebut   dengan   kecepatan   tinggiPerhatikan warna yang tampak saat kertas berputar kencang. Cobalah beberapa variasi besar juring lingkaran pada setiap warna. Amati hasilnya, variasi manakah yang menghasilkan warna putih paling jelas?
Videokan kegiatanmu saat mempraktikkan penggunaan cakram  warna tersebut!  Selanjutnya tuliskan laporan hasil percobaanmu pada tabel seperti berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ananda, padpembelajaran sebelumnya  kamu sudah mencoba melakukan pembulatan bilangan cacah. Kita juga dapat melakukan pembulatan pada pecahan desimal. Bagaimana cara melakukan pembulatan pada pecahan desimal?
Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita simak tayangan berikut ini!
Bagaimana Anak-anak? Mudah bukan? Apabila kamu mengalami kesulitan dalam memahaminya, kamu dapat bertanya  kepada  bapak/ibu guru atau ayah/bunddi rumah!
Selanjutnya, sebagai latihan kerjakanlah kuis di bawah ini!


Bagaimana hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat!
Apabila kamu belum mencapai skor yang tinggi, jangan berkecil  hati. Pelajari  kembali  materi-materinydan terus berlatih!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
# LawanCOVID-19 #BelajarDiRumah



No comments:

Post a Comment

  Teman-teman Yuk Belajar tentang Pelatihan Mandiri yang terdapat pada Platform Merdeka Mengajar 😄 TENTANG KURIKULUM Apa itu Kurikulum ...