Kelas : IV (Empat)
Tema : 5. Pahlawanku
Subtema : 1. Perjuangan Para
Pahlawan
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran PPKn Materi Nilai-nilai Pancasila
dalam Kehidupan Sehari-hari
1.1 Menerima makna hubungan
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang
negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Mata Pelajaran IPS Materi Kerajaan Budha
3.3 Mengidentifikasi kerajaan
Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta
pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu
dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya
pada kehidupan masyarakat masa kini.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat menuliskan makna sila keempat Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari, menyajikan hasil identifikasi kerajaan Buddha di lingkungan daerah
setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini dengan mandiri
dan tanggung jawab.
----------------------------------------------------------------------------------------
Anak-anak
sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya
dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau
sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk
mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa
ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan,
dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kamu telah sudah mengetahui
perjuangan Raja Purnawarman dan sikap-sikap kepahlawanan yang dimilikinya.
Maukah kamu mencari tahu perjuangan raja lainnya?Berikut ini adalah kisah tentang Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya.
Mari kita simak tayangannya melalui tautan
berikut!
Setelah
menyimaktayangan tersebut, selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
ini!
Kerjakanlah
pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada
bapak/ibu guru!
Berdasarkan perjuangan Balaputradewa, tulislah
sikap-sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila! Jelaskan pula alasanmu!
1.Bagaimana dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu contoh dari tokoh tersebut!
2.Bagaimana denganmu? Apakah kalian sudah mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?
3.Sikapku yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....
4.Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....
5.Rencana perbaikan yang harus aku lakukan
adalah ....
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
# LawanCOVID-19 #BelajarDiRumah
No comments:
Post a Comment