Kelas : IV (Empat)
Tema : 5. Pahlawanku
Subtema : 1. Perjuangan Para
Pahlawan
Pembelajaran : 6
Mata Pelajaran PPKn Materi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan sehari-hari
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1
Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun
sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila4.1
Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu
kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Materi Teks Non Fiksi3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri.
Setelah
mencermati tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan makna nilai-nilai
sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyampaikan pengetahuan baru dari
teks nonfiksi ke dalam tulisan dan menjelaskannya secara lisan dengan bahasa
sendiri dengan santun dan bertanggung jawab.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo,
jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir
sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita
bersiap memulai pembelajaran hari ini.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama
melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta
bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih
setelah mendapatkan bantuan!
Salah
satu pahlawan yang berjuang demi mempertahankan wilayahnya adalah Pangeran Diponegoro.
Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang Pangeran Diponegoro melalui tayangan
berikut ini!
Catatlah
informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut. Berdasarkan informasi
yang kamu peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro!
Buatlah peta pikiran tersebut pada buku tulismu, selanjutnya paparkan informasi pada peta pikiran tersebut kepada bapak/ibu guru melalui rekaman suara/voice note!
Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.
Banyak
hal yang dapat kita teladani dari perilaku dan perjuangan yang telah dilakukan
oleh Pangeran Diponegoro. Selanjutnya, jawablah soal-soal berikut ini!
1.Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawbanmu!
2.Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbedabedadapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh!
3.Sejalan dengan sila berapakah sikap pangeran Diponegoro tersebut?
4.Apakah kamu menemukan sikap lain yang mencerminkan sila-sila dalam Pancasila yang bisa diteladani dari Pangeran Diponegoro?5.Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda-beda untukmencapai tujuan? Tulis pengalaman bekerja sama yang pernah kamu lakukan!
Kerjakanlah
pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu
guru!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
# LawanCOVID-19 #BelajarDiRumah
No comments:
Post a Comment